Kamis, 26 Januari 2012

Sukses Muda di Tahun 2012 ??




Seharusnya isi dari posting ini saya publish beberapa hari yang lalu, saat masih dalam kalender tahun 2011. Tapi berhubung satau dan lain hal, saya baru sempat untuk publish sekarang.
Banyak sekali buku, blog dan Twitter yang mungkin sudah membahas topik yang sau ini. Ya, Sukses Muda. Siapa yang tidak ingin mendapatkan predikat tersebut. Setelah pada abad ini seorang pemuda berhasil menjadi milyarder karena menemukan sebuah media jejaring sosial yang sangat kontroversial, Facebook, sekarang jutaan pemuda-pemudi di luar sana berbondong-bondong mengejar mimpi yang sama.
Saya sendiri menjadi tertarik dengan tema ini. Hanya saja bukan karena target kesuksesannya, melainkan dengan definisi “muda” pada rangkaian kata “sukses muda”. Seberapa muda sih seseorang itu bisa dikatakan bahwa dia itu telah mendapat predikat “sukses muda”? Atau mungkin pada usia berapakah seorang bisa dikatakan dia telah “sukses muda”.
Untuk menjawab pertanyaan ini, saya kemudian bertanya kembali kepada followers @KataPengusaha :
“menurut kalian, sukses muda itu umur berapa sih?”
Dan inilah berikut beberapa jawaban dari mereka :
@maurizashadow : 25 tahun
@shellamuthya : 19 tahun
@adityoviole : 25 – 35 tahun
@yundieprasetyoo : 23 tahun

Dari sedikit jawaban di atas, saya sendiri cenderung berpendapat bahwa seseorang bisa dikatakan sukses muda apabila dia telah mencapai apa yang menjadi targetnya pada usia 25-26 tahun.
Kenapa?
Karena memang demikian, rata-rata orang sukses menemukan kesuksesan mereka pada usia produktif tersebut. Contoh paling berkesan adalah Nabi Muhammad SAW sendiri sukses menjadi pedagang saat usia beliau mencapai 26-27 tahun. Sedangkan Albert Einstein juga menemukan teori relativitasnya pada saat usia 27 tahun. Begitu juga Mark Zuckerberg, sang penemu Facebook juga mendapat gelar milayder kaya di usianya yang baru mencapai 26 tahun.

Lalu, bagaimana dengan yang sudah lewat batas waktu itu? Apa masih bisa dikatakan sukses muda?
Menurut saya, selama dia masih memiliki jiwa muda : IYA! Sukses sendiri tidak dibatasi oleh umur, Kolonel Sanders sukses membangun kerajaan bisnis KFC-nya malah diusia senja yang sudah tidak lagi muda. Tetapi, semangatnya masih muda!

Atau bagaimana dengan anak-anak berprestasi di usia <20 tahun?
Patut kita bangga dengan mereka yang berhasil meraih prestasi di usia yang memang terbilang masih sangat muda. Bahkan, mungkin Anda tahu beberapa artis cilik yang sudah berpenghasilan di atas penghasilan rata-rata orang dewasa yang bekerja full time. Tetapi, Anda juga harus paham bahwa kesuksesan tidak hanya diukur dari materi dan prestasi (ingat, saya bukan berbicara soal kaya muda tetapi sukses muda!). Melainkan juga dari tingkat kedewasaannya dalam menyikapi materi dan prestasi tersebut. Tetaplah posisikan mereka sebagai anak yang sedang beranjak dewasa yang masih memerlukan hiburan, belajar, bermain dan bersosial layaknya anak-anak sebaya mereka.
Nah, sekarang adalah moment yang tepat untuk mendeskripsikan kembali sukses muda mu di tahun baru 2012.

Tetapkan kembali di usia target sukses mudamu itu apa aja yg ingin dicapai
Pecah target besar itu jd target-target jangka pendek sesuai kemampuanmu saat ini dan segera wujudkan satu demi satu target-target jangka pendek tersebut.
Hitung selisih usiamu dg usia target sukses muda mu,brp tahun lagi?
Persiapkan segalanya di tahun 2012 ini dan pastikan kamu semakin dekat dengan target sukses mudamu
Gimana, sudah siap sukses muda di tahun 2012?

(postingan ini saya kutip dari: http://dzikrirobbi.com/2012/01/09/sukses-muda-di-tahun-2012/ )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar