Mempromosikan
brand ataupun bisnis yang sedang Anda jalankan tidak harus mengeluarkan
biaya mahal. Anda dapat memanfaatkan social media yang banyak tersedia
di internet untuk menawarkan dan menarik pembeli terhadap produk/jasa,
serta membangun komunikasi dengan para pelanggan dan calon konsumen
Anda.
Social
media pun sangat mudah diakses, sehingga memungkinkan para pebisnis
untuk menjangkau target pasar yang tepat untuk mengoptimalkan penjualan
mereka.
Seperti
yang dikatakan oleh Adez Aulia, praktisi bisnis dan dosen di bidang
Pendidikan Bisnis Kreatif, “Social media itu seperti majalah gratis
milik kita sendiri, dengan social media kita bisa melakukan marketing
dengan budget yang rendah”
Saat
ini banyak terdapat aplikasi social media yang telah terintegrasi
dengan ponsel seperti Facebook dan Twitter, sehingga pelaku bisnis dapat
dengan mudah memberikan informasi tentang produk yang ditawarkan.
Pengguna
social media di Indonesia sendiri sangat besar. Pada tahun 2012,
Indonesia
menduduki peringkat ke-5 di dunia dengan pengguna Facebook sekitar 19,5 Juta account. Sedangkan untuk twitter, Indonesia menyumbang 54,3% dari total tweet di Asia.
menduduki peringkat ke-5 di dunia dengan pengguna Facebook sekitar 19,5 Juta account. Sedangkan untuk twitter, Indonesia menyumbang 54,3% dari total tweet di Asia.
Hal
yang harus diperhatikan dalam social media adalah tema pembicaraan yang
dibentuk harus mencerminkan target pasar sehingga menarik minat calon
pelanggan. Lebih baik lagi bila tidak hanya jualan, namun terdapat
konten yang berguna bagi teman/follower social media tersebut.
Sumber: Berbagai sumber
http://www.kerjakreatif.net/2012/07/social-media-strategi-dalam-berbisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar